MENWA

WIDYA CASTRENA DARMA SIDDHA

menwalogo

(Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan Dan Ilmu Olah Keprajuritan)

KOMANDO RESIMEN MAHASISWA MAHASURYA

RESIMEN MAHASISWA SATUAN 837 GANECA WIRA TAMA

UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

 

Resimen Mahasiswa (Di singkat Menwa) adalah alah satu kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri sebagai perwujutan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta ( SISHANKAMRATA). Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan perwujutan implementasi Sistem Pertahanan Semesta di Indonesia. Menwa beranggotakan para mahasiswa yang terpaggil untuk membela negara dengan konsep Milisi (Kekuatan Bersenjata), sebagai konsekwensi logis pasal 30 dalam Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945). Dasar hukum pendiriannya dapat di telusuri sampai ke periode konfortasi di mana Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dalam melancarkan serangan-serangan infiltrasi ke Malaysia merekrut mahasiswa sabagai infiltran lewat intruksi Menko Hankam/ Kasad No. AB/34046/1964, tangagal 21 April 1964 mengenai pembentukan menwa di tiap-tiap Kodam. Hal ini di pertegas dengan keputusan Bersama Menko Hankam/Kasad dan Men PTIP No. M/A/165/65 dan Nomor 2/PTIP/65 tentang organisasi dan prosedur Mahasiswa untuk  ikut serta mendukung Operasi Dwi Komando Rakyat (Dwikora) tanggal 14 mei 1964.

Semboyan

Semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah “Widya Castrena Dharma Siddha”, berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “ Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Olah Keprajuritan”. Yang di maksud oleh  Ilmu Pengetahuan adalah segala macam cabang keilmuan yang didapat saat menjadi mahasiswa. Hal ini di pergunaakan untuk menempuh jenjang karier, dengan tidak melupakan tujuan utama melakukan pengabdian pada masyaraakat.

Sedangkan Ilmu Keprajuritan adalah yang bersangkutan dengan jiwa keperwiraan, keksatriaan serta kepemimpinan, bukan sekedar keahlihan dalam bertempur atau pun yang sejenis.

 

Warna Kebanggaan:

Resimen Mahasiswa Indonesia menggunakan Baret ungu. Warna ini mempunyai arti kemuliaan, Berpengetahuan dan terpelajar.

Fungsi-fungsi pengabdian Resimen Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang, yakni:

  1. Pengabdian Almamater dengan menjadi kordinator pengamanan untuk Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru atau biasa di sebut P3T, Diklat Ormawa, Wisuda, Tes Masuk Mahasiswa Baru, dll.
  2. Kesiap siagaan sebagai Pengamanan lokasi dan material terhadap hal-hal yang sangat mendesat atau mengganggu ketenangan lingkungan kampus.
  3. Perlindungan masyarakat dengan mengemban tugas turut menjagaa keamanan lingkungan sekitar kampus meskipun terpisah dari satuan pengamanaan (Satpam) Universitas.
  4. Komponen cadangan nasional yang siap di gerakan untuk membela negara.

Kegiatan – kegiatan Menwa:

  1. Pradiklatsar
  2. Diklatsar
  3. Raid Baret
  4. Kursus dan Lomba (Lintas Medan, Suskabintal, Suspelat, dll)