UNIKAMA – Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Tahun 2019/2020 telah dilantik oleh Rektor Dr. Pieter Sahertian, M.Si, Kamis (30/01/2020) di Aula Sarwakirti. Dihadiri oleh sekitar 44 Unit yang terdiri dari MM (Mahkamah Mahasiswa), MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa), DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), 19 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), 6 SMF (Senat Mahasiswa Fakultas) dan 15 HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi).

Kegiatan ini diawali dengan pelantikan Ormawa oleh Rektor Unikama, penandatanganan berita acara penyumpahan dan serah terima jabatan secara simbolik yang diwakili oleh Presiden BEM periode 2018-2019 kepada Presiden BEM 2019-2020 yang baru.

Dr. Pieter Sahertian, M.Si berterimakasih kepada Presiden Mahasiswa (Presma) periode 2018-2019 yang sudah memimpin mahasiswa Unikama dengan baik.

“Selamat kepada Presma terpilih periode 2019-2020 semoga bisa menjadikan Unikama lebih baik lagi dan menggiring mahasiswa untuk mengenalkan Unikama sebagai kampus Multikultural. Ormawa memiliki Visi, Misi dan tanggungjawab untuk ikut mengembangkan kampus Multikultural ini tentunya melalui kegiatan Kemahasiswaan,” ungkapnya.

Rektor juga mengharapkan agar pembina tidak hanya mendampingi dan mengarahkan saja, tetapi juga berinisiatif memberikan ide, pemikiran dan memberikan masukan untuk Program Kerja (Proker) Ormawa.

Sedangkan, Wakil Rektor III Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum sangat bangga dan berterimakasih kepada Ormawa Unikama. Untuk menjadikan Unikama Unggul di tahun 2025 memang sangat membutuhkan bantuan Ormawa.

“Saya percaya kepada teman-teman mahasiswa adalah orang yang lebih mengutamakan tindakan dan hasil daripada sekedar bicara saja. Tuntutan kita kedepan akan semakin banyak dan sulit maka dari itu, utamakan tindakan maka kita akan dapatkan hasilnya. Banyak sekali tanggung jawab Ormawa kedepan, semoga dengan adanya Kepemimpinan dan struktur organisasi yang baru bisa menjadikan Unikama lebih maju dan dikenal masyarakat luas sebagai perguruan tinggi berbasis Mukltikultural,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Ayu Asmah, M.Pd menjelaskan sebelum dilakukan pelantikan ini, masing-masing Ormawa melakukan musyawarah untuk menentukan struktur organisasi yang kemudian dikeluarkan SK (Surat Keputusan) dengan ditandatangani oleh Rektor.

“Setelah pelantikan ini tanggal 4 Februari 2020 nanti kita akan mengadakan LKMM-TD (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar) selama 3 hari. Kegiatan ini bertujuan supaya masing-masing Ormawa bisa membuat Proker yang sesuai dengan analisis kondisi awal lingkungan. Setelah itu, di minggu berikutnya mereka harus menyampaikan Proker kepada BAK untuk di setujui dan diberikan masukan,” ujarnya.

Tidak semua proker yang dibuat oleh mahasiswa disetujui, masih ada pemilahan mana yang layak untuk dilaksanakan. Masing-masing unit memiliki item yang berbeda-beda, karena setiap unit ada dananya sendiri.

“Mulai periode 2017-2018, sudah kami inisiasi untuk melakukan RKAT (Rencana kegiatan dan Anggaran Tahunan) secara online. Jadi, tidak hanya Unit di kampus saja. Kami sudah mulai melatih mahasiswa untuk mengerjakan RKAT secara online,” tambahnya.

Diharapkan Ormawa yang terpilih tahun ini bisa membawa perubahan untuk menjadikan Unikama lebih baik lagi. Paling tidak dari kepemimpinan yang baru ini mereka memiliki visi yang tidak hanya tertulis tetapi betul-betul direalisasikan.

Dukung Visi Misi, Unikama Lantik Ormawa 2019/2020