Kemahasiswaan – Prestasi luar biasa diraih oleh Macroma Technology yang terdiri dari 2 (dua) mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dan 1 mahasiswa reguler dari Program Studi Teknik Informatika Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). Mereka berhasil meraih Juara Favorit dan Juara III dalam kegiatan Politeknik Negeri Bali Robot Competition (PNBRC) yang berlangsung pada sejak bulan April 2023. Tim terdiri dari tiga mahasiswa, yaitu M. Ferrari Firmansyah (KIP angkatan 2020), Fatqan Ramadhiansyah (angkatan 2021), dan Muhammad (KIP angkatan 2022).

PNBRC merupakan kompetisi nasional yang diadakan secara rutin setiap tahun oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Robotika Politeknik Negeri Bali, diikuti oleh berbagai kampus dari seluruh Indonesia. Lomba ini terdiri dari cabang Line Followers, Sumo Bot, dan Inovasi Karya Cipta Teknologi (IKCT).

Ferrari menjelaskan bahwa mereka mengikuti kompetisi pada cabang IKCT, dimana pendaftaran lomba telah dimulai sejak 19 April 2023 hingga 6 Mei 2023 untuk pengumuman peserta yang lolos.

“Proses seleksi IKCT dimulai dengan memilih proposal teknologi yang akan dibuat oleh tim. Dari sekitar 50 peserta, hanya 4 tim yang akan maju ke babak final pada tanggal 28 Mei 2023,” ungkapnya.

Fatqan menambahkan bahwa mereka mempersiapkan diri dengan menggunakan metode Agile Scrum dalam merancang aplikasi teknologi mereka, yang memakan waktu sekitar 1 bulan untuk menyelesaikannya.

“Salah satu kendala yang kami hadapi selama kompetisi adalah menemukan produk API yang cocok dengan aplikasi kami agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Namun, melalui proses uji coba dan kesempatan untuk mempresentasikan aplikasi tersebut, kami bersyukur telah meraih Juara 3 dari seluruh tim,” ujarnya.

Muhammad juga menjelaskan bahwa motivasi mereka adalah untuk membuat orang tua bangga dan tentunya mengharumkan nama kampus. Selain itu, kehadiran orang tua salah satu anggota tim, M. Ferrari Firmansyah, memberikan dukungan yang berarti bagi mereka.

Mahasiswa KIP Menjuarai Lomba Robot di Politeknik Negeri Bali