BAK – Perwakilan Pengurus aktif Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mengikuti agenda Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM TD) yang diadakan oleh Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) pada 25-26 Februari 2019. Wawasan pengembangan organisasi dan motivasi berorganisasi diberikan kepada sekitar 100 mahasiswa perwakilan dari Ormawa.


Materi yang disampaikan antara lain adalah mengenai Pola Pengembangan Mahasiswa (POLBANGMAWA), Analisis Kondisi Lingkungan (ANAKOLING), Perumusan Gagasan Awal (GASWAL) dan Tolak Ukur Keberhasilan, Komunikasi Antar Unit Kerja, Hakikat Motivasi, Dasar-Dasar Organisasi dan Kepanitiaan, Administrasi Keuangan, Perencanaan Jadwal Kerja, Teknik Pengusulan Proposal dan Pengendalian Konflik.


“Melalui pelatihan ini diharapkan perwakilan Ormawa kedepannya memiliki kemampuan berpikir kritis dan problem solving dalam berorganisasi, yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan diri dalam bangku perkuliahan maupun di masyarakat,” ungkap Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Joice Soraya, SH., M.Hum.


Setiap tahun BAK melaksanakan kegiatan LKMM TD untuk membekali pengurus ORMAWA dalam menjalankan nahkoda kepemimpinan dalam unit mereka masing-masing. “Dari evaluasi kegiatan tahun lalu, LKMM TD kali ini kami rancang sedemikian rupa agar penyampaian materi dapat diberikan dengan baik kepada mahasiswa. Untuk itu kami pilih pemateri yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan keterampilan berorganisasi,” jelas Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Ayu Asmah, M.Pd.

Ibu Dr. Umi Dayati, M.Pd. memberikan motivasi dalam berorganisasi
Wajah ceria Ibu Siti Nurul Hidayati, M.Pd saat menjelaskan Analisis Kondisi Lingkungan


Pemateri eksternal yang diundang untuk membekali pengurus ORMAWA pada kegiatan LKMM-TD kali ini adalah Dr. Umi Dayati, M.Pd dan Siti Nurul Hidayati, M.Pd. Beliau-beliau merupakan pemateri tingkat nasional, yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Dengan harapan beliau dapat memberikan semangat positif kepada peserta untuk menjalankan organisasinya.


Peserta sangat bersemangat mengikuti kegiatan LKMM-TD kali ini, karena dalam sela-sela materi yang disampaikan terdapat motivasi-motivasi yang ditanamkan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam berorganisasi. Sementara itu, mereka juga diberikan tips-tips khusus supaya organisasi berjalan dengan lancar tanpa mengganggu jam kuliah.


Setelah kegiatan pelatihan ini, setiap perwakilan ORMAWA diwajibkan untuk menyusun kegiatan dan mempresentasikannya. Presentasi rancangan kegiatan organisasi dalam satu tahun akan langsung dievaluasi, agar program kegiatan yang dihasilkan bisa berkualitas dan bermutu. Nantinya diharapkan dengan kegiatan program yang baik, mereka akan memberikan kontribusi maksimal baik itu kepada almamater maupun kepada organisasi mereka masing-masing.



Gembleng Pengurus ORMAWA dengan LKMM-TD