BAK – Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) terus genjot minat wirausaha mahasiswa dengan menggelar Pelatihan Kewirausahaan. Pelatihan tersebut juga dimaksudkan untuk menyiapkan mahasiswa dalam mengahadapi event Kemenristekdikti yaitu Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI).

Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Joice Soraya, S.H., M.Hum,. Dalam sambutannya, Soraya berpesan kepada mahasiswa untuk terus berusaha meningkatkan jiwa wirausaha, supaya mahasiswa UNIKAMA mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, sehingga tidak menggantungkan diri pada orang lain. Beliau juga berpesan bahwa “usaha tidak akan menghianati hasil” maka dari itu janganlah berhenti untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

“Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini sengaja mendatangkan pakar KBMI Siti Nurul Hidayati, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) agar bisa berbagi tips dan trik mudah lolos KBMI”, tutur Ayu Asmah, M.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut. Ayu Asmah menjelaskan bahwa “tahun ini paling tidak ada porposal yang berhasil didanai oleh Kemenristekditi”, maka dari itu beliau mendatangkan praktisi yang memang ahli dalam KBMI.

Dalam kegiatan tersebut narasumber berbagi tips dan trik jitu lolos KBMI 2019 dihadapan peserta perwakilan dari program studi. Peserta sangat antusias dalam memperhatikan penjelasan dari narasumber, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari peserta. Dan tidak tanggung-tanggung beliau juga langsung memberikan arahan pada beberapa peserta yang memang sudah memiliki bisnis untuk diusulkan dalam KBMI. Siti Nurul Hidayati menuturkan “kita harus peka dan jeli dengan kondisi lingkungan sekitar, beberapa proposal yang didanai adalah mengangkat topik yang ada disekitar, seperti warung makan, tambal ban, dll., dan kita harus pinter menggunakan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Tidak hanya KBMI yang menjadi fokus BAK kali ini, tetapi arti wirausaha yang sesungguhnya yang ingin ditanamkan pada mahasiswa. maka dari itu BAK juga mengundang pakar wirausaha dari UNIKAMA, Drs. Rusno, MM., beliau merupakan pelaku usaha yang sukses dalam menggeluti usaha persewaan alat pesta dan perumahan. “Wirausaha itu mudah, modalnya cuma niat”, tutur Rusno dalam kegiatan pelatihan tersebut. Beliau menjelaskan bahwa dalam berwirausaha kita harus berani dan kita harus mau mengerjakan, karena sebaik-baik usaha adalah yang dikerjakan.

BAK Tingkatkan Jiwa Wirausahawan Mahasiswa melalui KBMI