BAK – Harumkan nama Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dua mahasiswa Unikama kembali torehkan prestasi lewat video edukasi. Muhammad Ali Maksum dan Armando Gianfrancho Orlando Nguru mahasiswa semester 8 Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika ini mengikuti kompetisi ELCCO (Electrical and Computer Competition) yang diadakan oleh HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Teknik Elektro Universitas Udayana Bali secara online.

“Jadi salah satu cabang lombanya adalah video edukasi dengan tema save the environment for future relation. Dari situ peserta diminta menyampaikan solusi-solusi tentang permasalahan lingkungan saat ini dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Hal ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan saat ini untuk generasi yang akan datang,” ungkap Muhammad Ali Maksum.

Persiapan yang dilakukan tidak terlalu lama, awalnya mereka melakukan research tentang bahayanya sampah plastik. Setelah itu barulah membuat konsep videonya.

“Setelah mendapatkan data dan melakukan research, kami berfikir kira-kira solusi apa yang bisa kami berikan sebagai generasi milenial untuk kehidupan yang akan datang. Mulai mengambil data sampai

pembuatan video itu kami lakukan selama kurang lebih 7 hari saja,” jelasnya.

Ali yang akrab disapa ini mengaku bahwasannya di Indonesia ini masih banyak orang yang tidak terlalu peduli akan sampah terutama plastik. Padahal, butuh waktu 51 tahun sampah plastik ini terurai.

“Memang masih banyak masyarakat Indonesia yang belum terlalu mempedulikan akan bahayanya sampah plastik ini. Tetapi, ada juga beberapa bahkan anak muda yang melakukan gerakan daur ulang sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, Gianfrancho Orlando Nguru mengaku sangat bangga bisa mengharumkan nama Unikama dengan mendapatkan juara 1. Apalagi, video yang dibuat oleh 2 mahasiswa ini sangat mengedukasi sekali.

“Kami memang tertarik dengan subtemanya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya sampah plastik. Lewat video ini saya berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan. Tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, dan mendaur ulang plastik agar bisa dimanfaatkan kembali,” tuturnya.

Orlando berharap nantinya mahasiswa Unikama ada yang meneruskan dan mengikuti lomba video ataupun karya tulis ilmiah. Mereka juga harus sering-sering berkolaborasi dengan teman agar menghasilkan suatu karya yang menakjubkan.

Raih Juara 1, Mahasiswa Unikama Ingin Sadarkan Masyarakat Akan Bahaya Sampah