Unikama – Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) sedang mengadakan Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) di Aula Sarwakirti. Acara ini berlangsung dari hari Senin (22/4/2024) hingga Rabu (24/4/2024) dengan tujuan membekali mahasiswa dengan keterampilan manajemen yang esensial untuk mengembangkan potensi diri mereka.

Pelaksanaan LKMM-TD ini merupakan agenda lanjutan dari pelantikan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) pada 7 Maret 2024. Ayu Asmah, M.Pd., sebagai Kepala Pusat Pengembangan Potensi Mahasiswa DKA, berharap agar mahasiswa dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini dengan maksimal.

“Saya juga ingin kalian saling mengenal dalam kegiatan ini. Penting bagi kalian untuk mengenal rekan-rekan di Ormawa lainnya agar komunikasi dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya saat memberi pembukaan.

Wakil Rektor I Unikama, Dr. Choirul Huda, M.Si, menambahkan urgensi persiapan mahasiswa untuk menghadapi LKMM Tingkat Nasional yang akan digelar beberapa bulan ke depan. Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen mahasiswa, melainkan juga sebagai platform untuk membangun jaringan dan memperluas wawasan kebangsaan. Selain itu, beliau juga mendorong seluruh Ormawa untuk mengikuti Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) guna meningkatkan kapasitas diri dalam hal pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

“Melalui program ini, kami berharap Ormawa dapat lebih efektif dalam berkontribusi pada pembentukan karakter mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

LKMM-TD ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran yang berharga bagi pengurus Ormawa untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep manajemen organisasi dan kepemimpinan yang efektif. Dengan rangkaian kegiatan khusus seperti workshop, diskusi kelompok, dan simulasi, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis yang relevan dengan tantangan nyata yang akan mereka hadapi dalam mengelola organisasi.

DKA Bekali Pengurus Ormawa dengan LKMM-TD