Unit Kegiatan Mahasiswa Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba (GARANK) yang dibina oleh Miya savitri,S.Pd., M.Hum. mengadakan seminar dan talk show dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 29 September 2018 pukul 08:00-13:00 di Gedung Sarwakirti Universitas Kanjuruhan Malang. Seminar dan talk show ini bertemakan “Peran aktif generasi muda untuk menggebrak dunia tanpa narkoba” dengan peserta sejumlah 300 dari kalangan siswa sekolah, mahasiswa, umum, dan ukm sejenis di kota malang.

Pada seminar dan talkshow ini ada tiga pembicara yaitu Bambang Herianto, S.E. dari Polres Kota Malang, Indra dari LSM Sadar Hati Malang, dan Kepala BNN Kota Malang, AKBP Ir. Bambang Sugiharto, M.Si. Dengan urutan acara seminar oleh BNN yang mengambil pokok bahasan peran aktif generasi muda dalam mencegah penyalahgunaan narkoba kemudian dilanjutkan dengan talkshow oleh BNN, Pihak Polresta dan LSM Sadar Hati Kota Malang yang mengambil pokok bahasan peran instansi terkait dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dimoderatori oleh PUPUS (Putra Putri Kampus) Unikama yaitu, Putri Qismi dan Putri Ana.

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan kejahatan yang luar biasa, dan dapat mengancam kekuatan bangsa, kita sebagai generasi muda jangan berdiam diri melihat narkotika menghancurkan bangsa dan Negara. Narkotika sangat banyak jenisnya, di kota Malang sudah ada ratusan kasus terjerat narkoba, sebagian besar yang terjerat adalah kalangan anak muda. Maka dari itu didalam seminar ini para pembicara menjelaskan mengenai jenis-jenis narkoba yang beredar yang patut kita warpadai, bagaimana mengenali penyalahgunaan narkotika, mengenali ciri-ciri pengguna narkotika, factor-faktor penyebab penyalahgunaan narkoba, efek menggunakan narkotika, dan penemuan-penemuan kasus narkotika beserta ancana hukumnya.

Dalam seminar dan talkshow ini juga dimeriahkan oleh komika Wawan Saktiawan Jebolan SUCA 2, dan hiburan akustik dari mahasiswa Universitas kanjuruhan Malang.

“Semoga dengan adanya seminar dan talk show yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang penyalahgunaan narkoba, sehingga kita sebagai generasi muda dan penerus bangsa  harus mampu menghindari narkoba. Karena narkoba tidak memandang usia dan status, maka dari itu kita sebagai ujung tombak bangsa mari kita bersama sama bersatu menyatukan kekuatan untuk melawan penyalahgunaan narkoba” ujar Muhammad Taufiq selaku ketua Umum UKM GARANK dalam sambutannya pada acara seminar dan talk show kemarin.

SEMINAR DAN TALKSHOW MENGGEBRAK DUNIA TANPA NARKOBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *