Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba (GARANK) peringati Hari Anti Narkoba International dan World Aids Day 2019 dengan menggelar Talkshow Sabtu (05/10). Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMA, SMK, dan mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi (PT) di Kota Malang. Pemateri dihadirkan langsung dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kodim 0833. Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Dr. Joice Soraya, S.H., M.Hum.

“Saat ini ancaman terbesar bagi generasi muda ialah penyalahgunaan narkoba. Yang dulunya anak-anak hanya pengguna, saat ini anak-anak pun bisa menjadi pengedar. Maka dari itu, dalam kegiatan ini kami mengharapkan dapat memberikan informasi yang bisa anda manfaatkan sehingga bisa menjadi bekal dan tidak menjadi korban dalam penyalahgunaan narkoba,” ungkap Dr. Joice Soraya, S.H., M.Hum dalam sambutannya.

Ia sangat mengapresiasi acara yang digelar UKM GARANK. “Say no to Drugs, Say yes to Study. Terus terang saya tidak menduga ada hal yang menyita perhatian khalayak luar seperti ini. Ini sama dengan Unikama yang berusaha memerangi penyalahgunaan narkoba. Seperti contoh sebelum masuk Unikama, mahasiswa baru selalu dilakukan tes urine. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya penyalahgunaan di lingkungan kampus,” tambahnya.

Sementara itu, Kapten Kav Wartoyo dari Kodim 0833 juga berkesempatan memberikan materi tentang penyalahgunaan narkoba. Ia menerangkan bahwasannya narkoba sangat berbahaya selain untuk kesehatan juga merusak masa depan. “Narkoba sangat mengancam pertahanan Negara. Tidak lagi dengan perang, narkoba merupakan cara melemahkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Pertahanan juga memiliki korelasi dengan SDM. Oleh karena itu, dengan digelarnya acara ini bisa mencegah hal-hal yang bisa membahayakan SDM,” paparnya.

Disamping itu, staf penyuluh dari BNN Priatiwanto Nugroho. S.I.Kom., juga menuturkan hal yang sama dengan Kapten Kav Wartoyo tentang bahayanya Narkoba. Selain itu, dijelaskan juga berbagai macam jenis narkoba supaya generasi muda tahu dan menjauhi barang haram tersebut.

Peringatan Hari Anti Narkoba, UKM GARANK Unikama Ajak Mahasiswa Jauhi Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *